Canon EOS R5 Kini dilengkapi Dengan in-body stabilization (IBIS)

oleh
Canon EOS R5 Kini dilengkapi Dengan in-body stabilization (IBIS)

technodaily.net – Banyak pengguna kamera Canon yang mengeluhkan jika kamera Canon EOS R memiliki kekuragan di kemampuan perekaman video 4k.

Guna menjawab kritikan terhadap EOS R tersebut, serta memperbaiki kekurangan kamera mirrorless full framenya itu maka kini pihak Canon pun merilis versi terbaru dengan mengembangkan Canon EOS R5.

Salah satu fitur yang jadi kunci utama di perangkat kamera Canon EOS R5 adalah kemampuan merekam video 8K lalu men-downsample menjadi 4K. Ini sekaligun menjadi jawaban atas kritikan para penggunanya terkait kemampuan merekam video 4K di EOS R.

Kemmapuan perekaman video 8K di perangkat EOS R5 ini bisa dicapai karena Canon menggunakan sensor CMOS terbaru.

Baca Juga:  Harga Kamera Nikon D6, Bikin Kantong Kempes

Dengan penambahan sensor baru ini juga membuat EOS R5 punya burs mode mencapai 12 fps dengan shutter mekanik dan 20 fps menggunakan shutter elektroniknya.

Hal inilah yang kemudian membuat EOS R5 mumpuni untuk digunakan untuk memotret di pertandingan olah raga.

Selain itu, kelebihan lain Canon EOS R5 dibanding seri terdahulu adalah hadirya in-body stabilization (IBIS) yang bisa bekerja bersama stabilizer di lensa. Lagi-lagi ini adalah salah satu fitur yang tak ada di EOS R dan membuat kamera tersebut dikritik.

Untuk slot memori yang tersedia di EOS R5 ada dua yang tipenya, meski demikian hal ini masih belum diungkap oleh Canon. Namun, melihat spesifikasinya seharusnya slot memori ini bisa menampung kartu memori bertipe berkecepatan tinggi.

Baca Juga:  Samsung Siap Rilis Galaxy M31, Pakai RAM 6GB

Sejauh ini, masih banyak sejumlah data teknis yang belum diungkap oleh Canon, seperti codec video yang dipakai dalam perekaman. Begitu juga penggunaan sensor ketika merekam video, apakah crop sensor ataupun digunakan sepenuhnya

Mengenai resolusi pada sensor yang dipakai untuk kamera ini pun masih belum diungkap oleh pihak Canon. Namun mengingat kemampuan perekamannya mencapai 8K, seharusnya sensor yang dipakai setidaknya mempunyai resolusi 33 megapixel.

Selain akan merilis kamera anyar EOS R5 ini, Canon dikabarkan juga tengah menggarap sembilan lensa RF (mounting untuk kamera mirrorless Canon) anyar untuk dirilis pada 2020 ini, termasuk telephoto extender 1,4x dan 2x, serta lensa RF100-500 f/4,5-7,1 L IS USM.

Baca Juga:  Realme C3 Akan Segera Rilis di Indonesia

Kendati dimikian, sejauh ini masih belum ada konfirmasi berapa harga EOS R5. NamunĀ  yang pasti pihak Canon bakal mengungkap lebih banyak informasi pada ajang CP+ di Tokyo, Jepang, pada 27 Februari 2020 mendatang.

Jadi, kita tunggu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *