Didepak Google, Huawei Siapkan 70 Aplikasi Pengganti

oleh
Didepak Google, Huawei Siapkan 70 Aplikasi Pengganti

technodaily.net – Imbas dari perang dagang antara AS dan Tiongkok, memaksa raksasa teknologi asal negeri tiraiĀ  bambu, Huawei untuk mencari alternatif lain setelah tak lagi gunakan layanan Google.

Namun, laporan baru menyebut jika Huawei kini sedang menyiapkan aplikasi pra-install di smartphone-smartphone besutannya yang akan datang.

Seperti yang dilansir dari Gizmochina, tak tanggung-tanggung sejumlah aplikasi yang jumlahnya hingga 70 aplikasi ini akan dipasang untuk menebus kurangnya layanan Google di smartphone Huawei.

Seperti kita ketahui bersama, perusahaan asal Tiongkok ini masih dilarang menggunakan perangkat lunak dari perusahaan AS seperti Google. Karenanya, meski terpasang OS Android, aplikasi Google tak bisa ditemukan di smartphone besutan Huawei.

Baca Juga:  Google Translate Kini dilengkapi Dengan Fitur Dark Mode

Aplikasi-aplikasi pengganti ini akan menjadi alternatif aplikasi populer dari Google, seperti YouTube dan Google Maps. bahkan disebut pula, jika salah satu alternatif YouTube ini adalah Huawei Video yang aplikasi besutan mereka sendiri.

Untuk gantikan Google Play Store, Huawei sebenarnya memiliki toko aplikasi sendiri yakni Huawei AppGallery. Namun masalahnya, jumlah aplikasi di sana hanya 45.000, dibanding 3 juta lebih di Play Store.

Dengan demikian, Huawei harus memastikan bahwa aplikasi populer seperti Spotify, Uber, dan lainnya harus ada di AppGallery di smartphone besutan.

Baca Juga:  Facebook Rilis aplikasi Hobbi, Mirip Pinterest

Untuk saat ini, pihak Huawei sendiri sudah membicarakan kemungkinan kerjasama dengan deretan aplikasi alternatif, seperti Tomtom yang merupakan alternatif Google Maps, serta Yandex yang merupakan browser yang bisa mengganti Google Chrome untuk keperluan browsing.

Menurut rencana, 70 aplikasi pengganti ini akan hadir setidaknya pada sembilan model smartphone yang bakal rilis empat bulan ke depan.

Khususnya untuk seri smartphone kelas menengah yang menggunakan chipset Kirin 810 dan Kirin 710. Sementara untuk untuk perangkat flagship seperti Huawei P40 Series, masih belum ada kejelasan mengenai informasi strategi aplikasi pengganti.

Baca Juga:  Kini Podcast Hadir Dalam Versi Web, Lebih Simple

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *