Play Store Tendang Aplikasi ToTok, diduga Alat Mata-Mata

oleh
Play Store Tendang Aplikasi ToTok, diduga Alat Mata-Mata

technodaily.net РBagi pengguna di Indonesia, aplikasi ToTok mungkin terdengar asing. Tapi untuk pengguna di kawasan  UAE dan beberapa daerah di Timur Tengah, aplikasi ini sangat populer bahkan sudah diunduh jutaan kali di Google Play Store maupun AppStore.

Namun, baru-baru ini pihak Google akhirnya mendepak aplikasi tersebut dari layanan playstore di karenakan aplikasi ini diduga menjadi alat spionase bagi Uni Emirat Arab.

ToTok sendiri adalah sebuah aplikasi pesan yang menjanjikan penggunanya untuk mengirim pesan dan panggilan yang cepat, aman dan murah, sepintas kegunaanya mirip dengan aplikasi WhatsApp.

Ini merupakan penghapusan yang kedua kali yang dilakukan oleh pihak Google. Sebelumnya, pada Desember 2019 lalu aplikasi ToTok juga di ketahui di keluarkan dari market aplikasi resmi Playstore karena di curigai sebagai aplikasi yang digunakan pemerintah UAE untuk memata-matai penggunanya.

Baca Juga:  Pembobol Equifax Adalah Peretas Dari Militer China

Seperti di lansir dari laman The Verge, setelah sempat dihapus pada Desember tahun lalu, Google secara diam-diam memasukkan kembali aplikasi ini ke Play Store.

Namun, baru dua bulan pihak Google kembali mendepak aplikasi tersebut dari layanan mereka. Sementara di layanan App Store, aplikasi ini masih tidak terlihat sampai saat ini.

Atas tuduhan yang dialamatkan untuk aplikasi ToTok, pihak developer aplikasi pun tersebut menyangkal semua tuduhan itu.

Pihak pembuat aplikasi ToTok mengklaim bahawa pihaknya menghormati privasi dan memastikan keamanan pengguna dari aplikaso besutan mereka.

Baca Juga:  Pembobol Equifax Adalah Peretas Dari Militer China

Selain itu, menurut pengembang aplikasi ToTok mereka juga menyebut bahwa pengguna mereka memiliki kontrol penuh terhadap data yang mereka bagikan dengan penuh kesadaran.

Jadi, apakah pihak Google akan kembali memasukan aplikasi ini ke Google Play Store setelah sempat di tendang dua kali? kita lihat saja.